by

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Usia Emas

Sigmund Freud, seorang pemikir dari Austria berkata bahwa pada masa usia emas (golden age) anak-anak yaitu usia 0 – 5 tahun merupakan usia dimana otak berkembang dengan sangat pesat. Pada masa emas tersebut, kemampuan daya serap anak bahkan mencapai 50 persen yang akan terus menurun pada tahun-tahun selanjutnya. Selain kemampuan otak, pada usia-usia awal anak juga akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan, dari mulai perkembangan fisik, perkembangan motorik, dan juga perkembangan kognitif. Berikut adalah fase pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia emas yang dikutip menurut ilmu psikologi.

Perkembangan Fisik Anak

Setiap kemajuan yang ditunjukkan anak merupakan bagian dari perkembangan fisik. Biasanya proses perkembangan fisik terjadi pada tahap yang paling awal. Secara keseluruhan ada dua macam tahap perkembangan fisik, yaitu:

  • Perkembangan Motorik

Saat anak semakin tumbuh, maka kemampuan motoriknya pun akan semakin naik. Namun kadang-kadang perkembangan motorik ini mencemaskan orang tua karena biasanya orang tua khawatir apakah sang anak mampu menunjukkan perkembangan sesuai dengan tahapan yang seharusnya dia lalui. Normalnya, hampir semua anak akan mampu berkembang sesuai tahapan yang biasa, kecuali memang ada suatu tanda – tanda yang menunjukkan sebaliknya.

  • Pertumbuhan Fisik

Pola perkembangan fisik pada anak-anak adalah:

  • Otot besar akan berkembang sebelum otot yang lebih kecil. Karenanya otot di bagian pusat lengan, tubuh dan kaki akan berkembang lebih dulu sebelum otot yang terletak di jari dan tangan. Anak-anak akan belajar untuk menguasai kegiatan yang menggunakan motorik kasar lebih dulu sebelum dapat menguasai gerakan yang menggunakan fungsi motorik halus.
  • Bagian tengah tubuh berkembang sebelum area lainnya. Otot-otot yang bertempat di bagian tengah tubuh menjadi semakin kuat dan berkembang lebih awal daripada otot-otot yang berada di kaki dan tangan.
  • Perkembangan mulai dari atas ke bawah dan sebaliknya. Karenanya bayi terlebih dulu belajar untuk mengangkat kepalanya sebelum ia bisa belajar berjalan, karena perkembangan otot pada anak terjadi mulai dari kepala lebih dulu, kemudian ke kaki.

Perkembangan Kognitif Anak

Tahap selanjutnya pada psikologi perkembangan anak di usia emas adalah perkembangan kognitifnya. Pada usia emas, kemampuan kognitif anak-anak akan mulai meningkat. Perkembangan kognitif termasuk memecahkan masalah, cara berpikir dan lain sebagainya. Berikut adalah tahap-tahap pada perkembangan kognitif anak usia emas:

  • Tahap Sensorimotor

Pada tahap ini, biasanya terjadi pada anak usia 0-2 tahun dan terbatas pada respons motorik sederhana berdasarkan rangsangan sensoriknya. Misalnya seperti gerak refleks, mengembangkan cara dan kebiasaan awal, dan lain sebagainya.

  • Tahap Pra Operasional

Biasanya tahap ini terjadi pada saat anak sudah bisa mengerti dan menggunakan Bahasa. Pada tahap ini anak belum mengerti tentang logika, belum dapat memanipulasi informasi secara mental dan belum mampu mengambil sudut pandang orang lain tentang suatu masalah.

Perkembangan Bahasa Anak

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Saat anak sudah mulai bisa berbicara dan berbahasa, tentunya hal ini akan membanggakan dan membahagiakan orang tua. Pada tahap ini sebenarnya setiap anak-anak berbeda, namun secara umumnya, anak yang berusia 1 hingga 2,5 tahun ada pada tahap ini. Secara umum anak dapat memproduksi kata pertamanya saat berusia 12-13 bulan. Kemudian pada usia 18 bulan , biasanya anak mulai mampu berbicara dua patah kata.

Perkembangan Sosio – Emosional Anak

Perkembangan emosional anak-anak akan dipengaruhi juga oleh kedekatan atau interaksi anak dengan orang tuanya, sehingga menentukan kemandirian anak dan pembentukan karakternya. Jika anak bisa  mengembangkan kemampuan emosionalnya dengan baik, ia juga akan memiliki kecerdasan interpersonal dan  yang membuatnya mudah berbaur dalam masyarakat. Interaksi sosial anak berada di keluarga, rumah, sekolah dan masyarakat.  Tentunya lingkungan akan mempengaruhi sifat emosional anak-anak, karenanya akan sangat baik apabila orang tua memberi lingkungan yang positif bagi anak.

Perkembangan Moral Anak

Secara moral, anak hanya akan memahami bahwa larangan atau hukuman yang mereka terima disebabkan karena apa yang dilakukannya bisa membuat orang lain atau dirinya sendiri dalam kesulitan. Anak di usia emas masih memiliki peraturan sendiri dan tidak paham apa yang dilakukannya itu benar atau salah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed